Thursday, 13 October 2011

DInas Jaga II

1. Apa yang harus dilakukan pada saat dines jaga, berikan beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga ?
Jawab :
   Yang harus dilakukan saat dines jaga ialah :
-    Melakukan pengawasan terhadap jalannya permesinan.
-   Melakukan suatu tindakan bila dalam pengawasan tersebut ditemukan suatu harga/nilai kondisi yang tidak sesuai dengan apa  yang kita harapkan.
Beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga :
-    Peraturan dines jaga
-    Pembagian tugas jaga
-    Prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan tugas jaga mesin.
-    Syarat-syarat penggantian tugas jaga
-    Melaksanakan tugas jaga mesin.

2. Apa yang dimaksud dengan peraturan dines jaga, dan sebutkan beberapa contoh bagian-bagian dari dines jaga ?
Jawab :
    Peraturan dines jaga ialah : suatu peraturan yang sudah ditetapkan diatas kapal baik di deck maupun di mesin yang harus dipatuhi 
    oleh semua crew diatas kapal.
    Contoh bagian-bagian dines jaga :
-    Jaga laut
-    Jaga pelabuhan/jaga khusus
-    Jaga darurat/jaga emergency

3. Sebutkan bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan pada saat dines jaga !
Jawab :
   Bagian-bagian yang perlu diperhatikan pada saat dines jaga :
-    Memeriksa temperatur pada saat pesawat sedang beroperasi.
-    Tekanan tekanan pada mesin yang sedang beroperasi.

4. Berikan beberapa contoh fungsi dari dines jaga !
Jawab :
   Fungsi dari dines jaga :
-    Untuk mengetahui kondisi atau keadaan pada suatu pesawat yang beroperasi baik di deck maupun di mesin.
-    Untuk mengantisifasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.
  
5. Apabila sedang dinas jaga pelabuhan didaerah dingin dan kapal akan berangkat. Bagaimana cara mempersiapkan mesin kapal untuk olah gerak ?
Jawab :
-      Pertama-tama yang perlu diperhatikan : mencek botol angin/tekanannya paling minimum 25 kg.
-    Mencek mesin kemudi harus dalam keadaan normal, temperature LO (lub oil).
-    Air pendingin, karena menggunakan oli mesin SAE 50/20 W/Oil ini dapat digunakan segala macam mesin.
-    Mesin sekoci penolong menggunakan bahan bakar dengan titik nyala 43 ºC atau 110ºF.
-    Menggunakan HSD/bahan bakar ringan yang mudah terbakar.
-   Jika menggunakan minyak MDO 1 jam sebelum olah gerak bahan bakar harus dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan heater.

Keterangan Foto : Harus ada Sinergi antara Anjungan dengan Engine Room

No comments:

Post a Comment