Thursday 13 October 2011

Dinas Jaga IV

1. Bila saudara sedang dines jaga laut, Saudara mendengar ada yang tak beres di Mesin Induk. Apa yang saudara laksanakan ?
Jawab :
Menginformasikan kepada KKM, dan langsung mengecek satu persatu bagian mana yang ada bunyi lain dan menganalisa apa penyebab bunyi tersebut dan dari mana berasal bunyi tersebut, dan apabila akan berakibat patal maka mesin dihentikan atau distop baru dilakukan perbaikan atau repair.

2. Pada saat saudara bertugas jaga, salah satu lampu acang dipapan penghubung induk mati. Apakah penyebab lampu tersebut mati dan langkah selanjutnya yang saudara lakukan ?
Jawab :
Mengecek dan menganalisa apa penyebab lampu tersebut mati, apabila bolamnya mati atau tidaknya bolan tersebut tidak putus, langsung kita cek darimana lampu tersebut diberikan sikyal  apakah oil pressure atau pemantau lain. Terus kita cek benda yang memberikan sinyal dan langsung mengambil tindakan dan membuat program kerja.

3. Kapal saudara berada di Eropa (Bremen) instalasi penggerak utamanya adalah turbin uap.langkah-langkah apa yang harus saudara lakukan untuk menyiapkan mesi penggerak utama tersebut, saat hendak bertolak (berolah gerak) jelaskan.
Jawab :
Langkah-langkah yg harus dilakukan untuk menyiapkan mesin penggerak utam untuk berolah gerak dengan menggunakan turbin uap adalah ;
a. Putar turbin motor dgn turning gear sambil STBY L.O pump on ± 10 menit.
b. Tuning gear off
c.  Blow down steam dalam pipa-pipa uap supaya turbin panas
d. Main steam v/v dan manouver v/v dibuka sedikit
e.  Main sirculating pump dari steam kondensor on
f.   Main condensate pump on secara putaran bertahap untuk pemanasan turbin.
g. Injecktor on agar kondensor pakum a head dan astern manovering v/v dibuka sedikit untuk kelancaran dan tutup kembali.
h. L.O pump on untuk sirkulasi pelumasan keseluruh system.
i.   Periksa kelancaran main stop v/v dari boiler dan kelancaran throttling v/v kesistem bila berfungsi baik tutup kembali.
j.   Nikan pakum kompressor
k.  Periksa fungsi safety thefices turbin.
l.   Turbin strart ready.

4. Dalam serah terima jaga laut selamah pelayaran, hal-hal apa yang wajip disampaikan kepada pengganti? Jelaskan pendapat saudara sesuai peraturan yang berlaku!
Jawab :
Serah terima jaga laut selamah pelayaran, hal-hal yang wajip disampaikan kepada pengganti adalah :
a. Permesinan yg sedang beroperasi.
b. Permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.
c.  Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya).
d. Kelainan yg teramati.
e.  Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.
f.   Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.

5. Tugas jaga di kapal ada 2 (dua) tugas, yaitu selama pelayaran dan selama dipelabuhan. Hal- hal apa saja yang saudara lakukan berkaitan dengan pencegahan pencemaran di laut dalam 2(dua) tugas yang dimaksud
Jawab :
Hal-hal yg harus dilakukan dengn pencegahan pencemaran dilaut adalah :
a. tumpahan minyak
b. kebocoran-kebocoran pada pipa
c.  penumpukan alat-alat yg tidak diperlukan
d. pembuangan sampah plastik kelaut

No comments:

Post a Comment